Blog Listing

Destinasi Wisata di Taman Nasional Ujung Kulon

peucangresort-albertw-3259

Taman Nasional Ujung Kulon sudah lama di kenal sebagai tempat pelestarian Badak bercula satu yang merupakan hewan langka dan dilindungi. Keindahan alamnya membuatnya menjadi destinasi wisata domestik yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain menjadi tempat tinggalnya para badak, Ujung Kulon juga mempunyai beberapa pulau yang dapat dijadikan tempat untuk berlibur yang pastinya masih terjamin kelestariannya.

Berikut destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika ingin berlibur di Ujung Kulon

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang menjadi pulau yang paling popular yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Bisa dibilang pulau ini memiliki fasilitas yang memadai untuk berlibur disana. Mulai dari transportasi hingga akomodasi bisa didapatkan dengan mudah di pulau ini. Walaupun begitu, keindahan alam pulau peucang maish tetap terjaga. Terbukti dengan aneka satwa liar yang masih bebas berkeliaran di sektiar pantai atau lingkungan penginapan. Hewan-hewan tersebut pun tidak merasa terganggu dengan kehadiran penginapan dan juga wisatawan yang sedang berlibur.

Pulau ini dinamai Peucang karena banyaknya hewan sejenis siput yang dikenal dengan “mata peucang” yang banyak ditemuakn dipantai. Namun jika diterjemahkan dalam Bahasa sunda, peucang bisa berarti kancil. Pulau yang memiliki luas 480 hektar ini sudah termasuk dalam situs warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa melakuakn trekking disekitar pulau yang pastinya akan membuatmu merasa lebih segar dan sehat kembali.

2. Pulai Panaitan

Setelah puas bermain di pulau peucang, saatnya pindah ke pulau Panaitan. Pulau ini letaknya tidak jauh dari pulau peucang. Posisinya berada selat sunda yang dekat dengan Pulau Sumatera. Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah alamnya yang masih terjaga dan juga kombinasi yang menarik antara vegetasi hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan. Pulau ini juga menjadi tujuan pada surfer untuk berselancar karena keindahan o

Selain itu, di pulau ini, wisatawan dapat melihat wisata sejarah dengan melihat reruntuhan sejarah dan benda-benda bersejarah. Jika ingin menginap di pulau ini, wisatawan harus mempersiapkan akomodasi dari rumah seperti tenda, karena di pulau ini belum tersedia penginapan.

3. Pulau Handeleum

Pulau seluas 220 hektar ini menawarkan banyak petualangan alam yang cocok sekali bagi kalian para jiwa petualang. Satwa-satwa liar seperti rusa dan ular sanca, dan buaya mutiara pun masih hidup dengan nyaman dihabitatnya. Selain dapat menikmati keindahan alam bersama dengan para hewan liar, wisatawan juga bisa menikmati bersampan ria disuangai Cigenter yang membelah pulau.

Namun, sebaiknya jangan snorking di pulau ini, karena pulau Handeuleum memiliki banyak karang yang cukup banyak dan juga akar dari pohon bakau yang menyulitkan jika dipakai untuk snorkeling.

4. Pulau Oar

Pulau ini merupakan pulau yang paling kecil yang berada di Ujung Kulon. Dengan luas yang hanya seukuran lapangan bola baseket, tapi keindahanya tidak perlu diragukan lagi. Pasir putih yang lembut menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berlibur di pulau ini. Ombaknya yang cenderung lebih tenang, membuatnya lebih aman dan menyenangkan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Untuk berwisatawa di pulau ini tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 20 menit, kamu sudah bisa menjelajahi seluruh isi pulau. Untuk sampai ke pulau ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 10 menit menggunakan perahu dari desa Sumur, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan dari pulau Oar.

5. Pulau Umang

Pulau Umang adalah tetangga dari pulau Oar. Fasilitas penginapan di pulau ini cukup memadai, dengan adanya beberapa resort yang mempunyai fasilitas mewah seperti kolam renang, spa hingga lapangan voli. Tidak hanya itu, pulau ini seringkali dijadikan lokasi untuk berbulan madu karena memang suasanya yang menyenangkan dan juga alamnya menyegarkan. Terutama bagi penduduk Jakarta yang ingin mencari ketenangan dari ramainya ibukota.

Sama seperti pulau Handeleum, lokasi disekitaran pulau Umang ini juga kurang cocok untuk dijadikan lokasi snorkeling. Banyaknya karang di sekeliling pulau membuatnya berbahaya jika dipakai untuk menyelam. Namun jika ingin snorkeling, kamu bisa menyebrang ke pulau Oar karena lokasinya yang dekat. Untuk menyebrang ke pulau Oar hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.

6. Pulau Badul

Serasa seperti pulau pribadi jika berkunjung ke pulau Badul. Luasnya yang tidak terlalu besar dan juga tidak berpenghuni tidak membuat siapapun yang berkunjung ke tempat itu seperti pulau pribadi. Uniknya lagi jika ingin bermain di tempat ini, kamu harus berenang sejauh 25 meter, karena kapal tidak bisa berlabuh di pulau tersebut. Sehingga kamu akan diturunkan di tengah laut dan diharuskan untuk berenang dulu. Tapi, perjuanganmu itu tidak akan sia-sia, karena pasir putih serta air lautnya yang jernih akan memanjakan matamu.

Butuh perjuangan memang untuk bisa sampai ke pulau tersebut, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.apa yang dapat dinikmati dari pulau tersebut akan sebanding.

7. Gunung Honje

Salah satu gunung yang berada di daerah Ujung Kulon ini memiliki ketinggian 700 mdpl ini memiliki luas sekitar 19.500 ha. Gunung tersebut pun dikelilingi oleh 19 desa yang berbatasan langsung ataupun tidak. Untukmu yang hobi hiking, tempat ini cocok sekali untuk kamu kunjungi. Jangan khawatir karena masih banyak juga objek wisata yang bisa kamu kunjungi didaerah Gunung Honje antara lain Desa Nelayan, Cibua, Curug Cipanis, sumber air panas Cibiuk dan Curug Cikacang. Uniknya, di gunung ini merupakan tempat tinggal dari Owa Jawa. Jadi, kalau ingin melihat hewan langka tersebut, silahkan mencoba ke gunung Honje.

Itu tadi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di daerah Ujung Kulon, Banten. Nikmati keindahan alam yang masih terjaga keasriannya dan juga melihat hewan-hewan langka yang masih hidup bebas di habitatnya.

Baca juga : Masalah yang Mungkin akan Kamu Hadapi Saat Berlibur ke Pulau dan Solusinya



Leave a Reply