Blog Listing

Tips Traveling Selama Bulan Puasa

Peucang Island

Selama bulan puasa pasti inginnya berada di ruangan yang dingin sambil menunggu waktunya berbuka puasa. Dibandingkan harus berpanas-panasan di luar apalagi di alam terbuka, tentu lebih nyaman menjalankan puasa di tempat yang sejuk. Tapi, puasamu tidak akan semenarik jika kamu sedang bepergian. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan puasa adalah dengan traveling. Apalagi jika kamu mempunyai kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata yang biasanya cenderung lebih sepi daripada hari biasa.

Jika kamu ingin melakukan traveling sambil menjalankan ibadah puasa, inilah hal yang perlu kamu persiapkan:

1. Lokasi wisata

Ketika kamu memustukan untuk melakukan traveling sambil menjalankan puasa, tentu kamu harus menentukan tempat yang tepat. Jangan sampai kamu memilih tempat yang terlalu menantang dan menyulitkanmu untuk melakukan puasa. Misalnya saja mendaki gunung, atau melakukan olahraga air yang tidak hanya akan menguras tenagamu tapi juga membuatmu cepat dehidrasi.

Cari juga lokasi wisata yang tidak terlalu terpencil sehingga memudahkanmu untuk mengetahui waktu berbuka puasa. Sebab kamu akan kesulitan ketika sudah waktunya berbuka tapi tidak segera membatalkannya karena tidak mengetahui waktunya dengan pasti.

2. Waktu yang tepat

Untuk berwisata kesuatu tempat sesuaikan waktunya dengan waktu puasa. Contohnya saja, kamu ingin pergi ke daerah pantai, maka waktu yang tepat untuk berwisata kesana adalah siang hari sampai sore hari. Kamu bisa menunggu waktu berbuka dengan menikmati panorama pantai yang tenang dan segar.

Berbeda jika kamu ingin berwisata ke tempat-tempat seperti kebun binatang atau tempat wisata yang bukan wisata alam. Maka kamu hanya perlu menyesuaikan waktunya dengan jam tutup dari tempat wisata tersebut.

3. Bawa persediaan makanan

Mencegah terjadinya hal buruk, maka sebaiknya kamu juga membawa perbekalan untuk berbuka puasa nanti. Sebab ketika waktunya sudah hampir berbuka tapi kamu belum mendapatkan makanan untuk membatalkan puasamu akan sulit. Kamu juga tidak bisa berasumsi bahwa akan banyak tempat makan disekitar lokasi wisatamu, maka dari itu sebaiknya siapkan saja perbekalan buka puasa sendiri.

4. Jaga kondisi tubuh

Bukan sebuah masalah atau hal yang berat ketika traveling sambil berpuasa. Justru kamu bisa menghabiskan waktu untuk menunggu waktu berbuka dengan melakukan hal-hal menarik seperti jalan-jalan. Namun agar kamu masih kuat dan mampu menjalankan puasa hingga waktunya berbuka, maka kondisi tubuhmu haruslah prima. Jangan sampai karena terlalu banyak beraktivitas pada saat puasa justru membuat kondisi badanmu menjadi drop.

5. Traveling dengan orang lain

Mungkin beberapa dari kita ada yang menyukai traveling sendirian, tapi traveling akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan orang lain. Misalnya saja dengan anggota keluarga atau teman terdekat. Bepergian bersama dengan orang lain juga akan membantu kamu untuk lebih menikmati alam dan juga mengabadikan momen tersebut. Terutama pada bulan puasa, kamu jadi punya teman untuk berbicara dan menunggu waktu berbuka pun tidak akan terasa lama.

So, jangan jadikan puasa sebagai alasanmu untuk tidak traveling, justru dengan kamu melakukan traveling, waktu puasamu akan lebih menyenangkan.

Baca juga : Aktivitas di Pantai Selain Berenang

image source: themuslimvibes.com


Leave a Reply