Blog Listing

Kenali Waktu yang Tepat Untuk Snorkeling

Peucang Island

Aktivitas yang sering dilakukan ketika berlibur disebuah pulau adalah snorkeling. Mengintip keindahan bawah laut dengan snorkeling memang menjadi aktivitas yang banyak disukai oleh para wisatawan. Berbeda dengan diving yang mengharuskan wisatawan mempunyai ijin tersendiri dan membutuhkan waktu untuk dilatih terlebih dahulu, snorkeling bisa lebih mudah dilakukan oleh orang yang memiliki pengalaman sedikit. Asalkan bisa berenang dan ada yang mendampingi, wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Tapi, waktu yang tepat untuk melakukan snorkeling juga harus diperhatikan karena tidak semua waktu bisa digunakan unutk snorkeling. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya perhatikan hal dibawah ini:

Musim hujan

Gelombang yang besar merupakan kondisi yang sangat tidak memungkinkan untuk melakukan snorkeling. Ketika musim hujan, gelombang air laut akan cenderung lebih besar. Selain itu, efek dari hujan yang turun akan membuat airnya menjadi keruh sehingga mempengaruhi biota di bawah laut. Perlu diingat juga untuk tidak memaksakan snorkeling saat musim hujan. Hal itu sungguh berbahaya, karena gelombang yang besar seringkali memakan korban. Begitupun juga jika kondisi air lautnya keruh, hal itu tidak akan memberikan pemadangan terbaik.

Musim kemarau

Musim kemarau memang dinilai saat yang tepat untuk berlibur dipantai, karena cuacanya yang cerah dan kondisi air laut yang lebih tenang akan memungkinkan wisatawan untuk dapat melakukan snorkeling dengan lebih aman. Namun pada saat musim kemarau, perhatikan waktu snorkeling tersebut, dan waktu yang terbaik adalah di pagi hari atau sore hari. Jika kamu ingin menikmati momen yang paling menyenangkan adalah di pagi hari, karena udara yang masih segar dan juga gelombang laut yang bersahabat.

Selain faktor cuaca masih ada hal yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan snorkeling. Salah satunya adalah perlengkapan yang digunakan. Apakah alat-alat tersebut sudah diperiksa kembali agar tidak membahayakan saat dipakai. Begitu juga dengan kondisi fisik dari orang yang ingin snorkeling, jangan sampai kondisinya sedang tidak fit.

Selain itu, usahakan beradaptasi dengan laut sebelum snorkeling, dengan begitu tubuh tidak akan merasa kaget dan menjadi panik. Sangat berbahaya sekali jika seseorang masuk ke dalam air dalam kondisi yang panik, karena pada saat panic, seseorang akan mengeluarkan banyak energen dan menghabiskan banyak oksigen sehingga akan kesulitan untuk bernafas.

Jadi sudah siap untuk melakukan snorkeling?

Yuk, kunjungi pulau peucang, Ujung Kulon. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dan juga biota laut yang masih sangat terjaga keasriannya.

Baca juga: Aktivitas di Pantai Selain Berenang

image source: https://www.divessi.com


Leave a Reply